Wednesday, July 11, 2012

Tips Brainstorming

0 comments
 
Siapa yang tak pernah melakukan brainstorming semua orang pernah melakukan proses kreativ ini, baik untuk pekerjaan/hanya sekedar menata jadwal aktivitas harian. tapi kebanyakan dari proses brainstorming yang merekalakukan tak dapat menghasilkan apa-apa karna cara brainsorming yang salah.
makadari itu kaliini saya akan memberi tau anda tips brainstorming yang menghasilkan ide bermutu dan berkualitas dari diri anda.

1. Pemetaan Pemikiran
brainstorming
tetapkan yang anda inginkan, yang anda butuhkan, dan apa yang akan anda lakukan baik yang berhubungan dengan proyek anda atau bukan. buatlah garisbesar dari proyek anda atau aktivitas anda. buat semuanya secara jelas dan sederhana agar dapat dikembangkan lagi dengan baik sesuai tujuan brainstorming anda.

2. Berbaliklah Secara Berbeda
reverse
berfikirlah secara terbalik tentang proyekanda misal anda berfikir seperti customer anda "saya ingin proyek ini seperti ini, saya ingin proyek ini bisa untuk ini dll" cobala anda mengangap bahwa sayalah yang memerlikan dan memiliki proyek ini. jadi proyek ini harus sesuai dengan saya dantujuan saya yang seperti ini. atau anda bisa membalik langkah kerjaanda misalkan anda akan membuat sebuah artikel di blog anda dengan membaca komen yang ada di artikel yang telah anda buat dulu, lalu anda menentukan apa yang di inginkan para komentator disana dan anda mebuatkan artikel yang mereka inginkan lalu anda memberikan judul dan mempublikasikannya. yang terpenting anda harus berfikir secara berbeda dari biasanya, anda harus mencoba sudut pandang yang berlawanan dari anda biasanya.

3. Ajukan Pertanyaan
collaboration
ajukanlah pertanyaan-pertanyaan buat diri anda sendiri tentang proyek anda! "apayang saya bisa untuk proyek ini?, apakah proyek ini bisa saya buat begini?, kenapa saya membuat proyek ini? dll" dan cobalah memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang akan di timbulkan oleh proyek anda yang akan di ajukan oleh customer, pembaca/penikmat proyek anda ini.

4. Analisa
swot analysis
lakukanlah analisa tentang kuantitas,kualitas, dan segalasesuatunya tentang proyek anda, lalu tentukan standar proyek anda dari analisa tadi misal "saya merencanakan poster frontextnya kurang sepadan dengan becgraundnya maka saya harus merubah becgraundnya/textnya agar seimbang" maka seimbang disini adalah standar yang anda buat untuk tex dan becgraundnya.

5. Kolaborasi
group sessions
apa bila anda merasa tak sangup melakukan proses ini sendirian anda bisa mencari angin segar dengan berbincang-bincang dengan teman anda atau grup yang anda punya. anda juga bisa meminta pendapat,kritik,masukan dll dari mereka secara langsung atau pun secara kiasan.

6. Deathline
time limit
tentukan batas waktu bagi anda untuk menyelesaikan proyek ini. deathline disini bukan hanya sebagai patokan untuk menyelesaikan proyek anda tapi juga bisa sebagai desakan agar kita bertindak cepat dan peraktis menekan hal-hal tak berguna dan menciptakan inovasi-inovasi yang sepektakuler. terkadan kita bisa mendapatkan ide-ide segar dengan menginga deathline yang telah kita buat meski masih 3minggu lagi deathlinnya.

"jangan pernah menjadi deathliner karna meyakini deathline (baru mengerjakan proyek di waktu deathline) bisa membuat saya jadi lebih kerativ"

Leave a Reply