Saturday, July 20, 2013

Branding untuk desainer

0 comments
 

kebanyakan dari kita mengangap branding sebagai bagian dari perusahaan besar yang memiliki jasa atau produk yang sudah terkenal yang memuliki budget bermilyar-milyaran untuk menghidupi brandnya, dan juga branding adalah sesuatu yang rumit untuk di lakukan oleh kita kita para perseorangan.

Tidak salah si kalau anda berfikiran seperti itu tapi perlu anda ketahui sebenarnya branding itu sebuah kegiatan pemasaran yang cukup simpel bagi desain grafis seperti kita karana kita tak perlu menciptakan sebuah produk untuk di brandingkan karna kita lah produk tersebut yang sudah siap untuk di luncurkan.

Catatan : sebenarnya di artikel aslinya si penulis berbicara tentang online branding tapi di sini saya akan berbicara lebih umum tentang branding kususnya untuk desainer

Branding itu berbicara tentang apa yang anda Fahami?

Branding itu bukan sekedar nama dan logo. Tapi sebuah filosofi, bagai mana anda menyikapi sesuatu terhadap sesuatu hal baik utu masalah atau pun sebuah solusi yang ada, tentu saja bagi kita para desainer adalah peningkatan feel desain kita dan juga kemampuan kita dalam mengkombinasikan cirikhas kita untuk klien. yang ada yang pada akhirnya akan meningkatkan customer experience dan juga menjadikan kita provitabel.

Branding di dunia Desain itu?

Anda patut banga hidup di dunia jasa di bidang desain kenapa? Karna dunia sudah mengakui desainer adalah pekerjaan kreatif yang berkaitan dengan orisinilitas, individual, unik, dan inovatif. Ya memang dengan keadaan seperti ini persaingan sangat ketat apa lagi kalau kita cuman mengandalkan skill softwear yang bisa di latih setiap orang bisa mejeng dengan bendera desain, tapi disinilah peluang bagi anda untuk memberendingkan diri anda dan memanfaatkan kesemrawutan desain sebagai solusi untuk klien anda “ya saya akui untuk yang satu ini benar2 ngelantur alias anarkisme karna menjadikan dirikita superior dengan memanfaatkan inferior yang cuman bersenjata skill softwear”.

Branding itu bicara tentang Konsisten!
 

di sinilah saya dulu mengalami kebingungan dasyat sedasyat anda-anda yang putus cinta, “apa anda gila menyuruh saya konsisten sedangkan saya tak mungkin memberikan solusi yang itu-itu saja untuk klien saya”
ya seperi itu lah kegalauan saya karna berfikir terlalu besar. bagi atlet pelari baju/celana yang sedikit kebesaran sih ngak papa ngak usah di bikin pusing karnya yang fatal itu sepatu yang tak cocok lah yang menjadi big problem, Seperti halnya kita tak terlalu berguna mikirin skill dewa kalau kita memiliki big problem yng lebih penting untuk di cari sulusinya yaitu publisitas “ya silahkan anda fikirkan skill dewa tapi tak ada yang tau skill anda percuma banget kan?”. Nah di sinilah peranpenting sebuah konsisten, sekonsisten apa kita mempublikasikan diri, bagaimana kita menampilkan dirikita ke publik, bagaimana kita berkata terhadap publik, utulah poin-poin yang harus kita konsistenkan karna semua ini akan membentuk image/persepsi untuk klien potensial kita yang tentunya image/persepsi itu memang kita inginkan.

Jadi para desainer yang perlu anda desain kemasannya bukan hanya kaleng susu tapi juga diri anda :p

Branding itu bicara tentang Difference


tentunya difference disini adalah sebuah alat perbandingan kita untuk para inferior kita “gua itu seperti ini tidak seperti inferior saya yang seperti itu” dan yang berperan aktif dalam menciptakan difference itu taklain adalah anda sendiri yang disebut dengan proses positioning difference. Banyak teman-teman saya yang bilang kalau proses yang satu ini adalah proses yang sukar di lalui karana kita harus benar-benar memahami apaya n bisa di lakukan dan apa yang tak bisa di lakukan, apa yang anda miliki dan apa yang tak anda miliki, baru lah anda bisa membuat difference yang solit “ingat konsep Konsisten” karna dengan difference yang solit kita bisa lebih memenangkan persaingan pasar. “masih blom tau difference yang solit untuk anda? Cobak selami lagi diri anda dan tanyakan pada diri anda apa,siapa,bagaimana,kenapa saya? dan berapa saya?” :p #tapi tidak bercanda loh ya karnya yang bisa menghargai diri anda hanya anda sendiri

sekian dulu ya untuk artikel yang satu ini semoga bermanfaat dan semoga anda mudah memahaminya :p

Leave a Reply